7 LANGKAH SEBELUM MULAI DIGITAL MARKETING
Hampir seluruh pebisnis mengerti pentingnya digital marketing atau pemasaran digital bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang berkala agar kamu dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kekeliruan yang sama dikala melakukan digital marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan beberapa langkah di bawah ini sebelum kau memulai kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Perhatikan bisnismu secara keseluruhan
Padahal kamu menyukai bisnis yang kau lakukan kini, coba supaya konsisten jujur saat memandang secara keseluruhan. Pelaksanaan digital marketing yang berhasil terjadi dengan pembetulan pada tiap-tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk mendapatkan jika memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kesalahan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kamu dengan pelanggan di situs dan media sosial. Dapat via komentar, surel, ataupun panggilan telpon juga. Walaupun bisnis atau merk milikmu telah diketahui banyak orang, pastikan layanan pelangganmu tetap terlaksana dengan bagus. Dengan demikian, pengerjaan digital marketing sampai ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan baik dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau bahkan offline? Tahukah kamu ada berapa banyak kunjungan website yang diperlukan sebelum akibatnya menjadikan lead(prospek) pada websitemu? Kecuali itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Apabila kau susah untuk mencari segala jawaban dari pertanyaan hal yang demikian, karenanya kau bisa memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk memasarkan bisnismu secara efektif, kamu perlu memahami orang-orang yang memerlukan produk atau jasamu beserta dengan alasan mengapa mereka patut memilih jasamu.
Berikut ini sebagian hal yang dipertimbangkan ketika membuat profil pelanggan:
• Apa tantangan dan dilema yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka dapat dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga tertarik untuk membeli?
• Unsur apa yang menyokong mereka melaksanakan transaksi?
• Dimana mereka menerima informasi yang menunjang mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kamu lakukan dengan skor lebih dibandingi pesaingmu?
5. Sadari apa yang berkeinginan kau capai
Satu hal yang pasti yaitu kau ingin menempuh kesuksesan saat ini juga, tapi bagaimana caranya dan kapan kau bisa menjalankannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan terstruktur sehingga berpengaruh besar bagi perkembangan bisnismu di masa akan datang.
6. Ukur sumber tenaga yang kamu miliki
Kalau ini bukan berarti kamu mesti menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, namun persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang cocok untuk melakukan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang bisa menulis, mengedit, dan mendesain sebab mereka ialah asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tapi tak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi sebagian tugasnya ke orang lain agar ia dapat focus terhadap tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu tetap membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari berbagai sumber. Lihat apa saja taktik yang bisa dilaksanakan dengan baik sebelum memulai pemasaranmu.
0 Post a Comment:
Post a Comment