7 LANGKAH SEBELUM MULAI DIGITAL MARKETING
Hampir segala pebisnis paham pentingnya komputerisasi marketing atau pemasaran komputerisasi bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang terpola agar kamu dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kekeliruan yang sama dikala melakukan digital marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan sebagian langkah di bawah ini sebelum kamu mengawali kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Amati bisnismu secara keseluruhan
Walaupun kau suka bisnis yang kau lakukan sekarang, coba agar konsisten jujur saat memperhatikan secara keseluruhan. Cara komputerisasi marketing yang sukses terjadi dengan pembenaran pada tiap-tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk mendapatkan sekiranya memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kamu dengan pelanggan di website dan media sosial. Dapat lewat komentar, email, maupun panggilan telpon juga. Padahal bisnis atau merk milikmu sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan baik. Dengan demikian, pelaksanaan digital marketing sampai ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan baik dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kamu ada berapa banyak kunjungan situs yang diperlukan sebelum hasilnya menjadikan lead(prospek) pada websitemu? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Apabila kau susah untuk mencari segala jawaban dari pertanyaan tersebut, maka kamu dapat memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk memasarkan bisnismu secara efektif, kau perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan kenapa mereka mesti memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan dikala membikin profil pelanggan:
• Apa tantangan dan situasi sulit yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga tertarik untuk membeli?
• Unsur apa yang menyokong mereka melaksanakan transaksi?
• Dimana mereka menerima informasi yang menunjang mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kau lakukan dengan skor lebih dibandingi pesaingmu?
5. Sadari apa yang mau kamu capai
Satu hal yang pasti ialah kamu berharap mencapai kesuksesan dikala ini juga, melainkan bagaimana caranya dan kapan kamu dapat melakukannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan berkala sehingga berimbas besar bagi perkembangan bisnismu di masa akan datang.
6. Ukur sumber daya yang kamu miliki
Jikalau ini bukan berarti kamu seharusnya menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, tapi persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang layak untuk menjalankan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang dapat menulis, mengedit, dan mendesain karena mereka yaitu asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tetapi tidak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi beberapa tugasnya ke orang lain agar dia bisa focus kepada tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu konsisten membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari bermacam sumber. Lihat apa saja taktik yang dapat dilakukan dengan bagus sebelum mengawali pemasaranmu.
Hampir segala pebisnis paham pentingnya komputerisasi marketing atau pemasaran komputerisasi bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang terpola agar kamu dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kekeliruan yang sama dikala melakukan digital marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan sebagian langkah di bawah ini sebelum kamu mengawali kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Amati bisnismu secara keseluruhan
Walaupun kau suka bisnis yang kau lakukan sekarang, coba agar konsisten jujur saat memperhatikan secara keseluruhan. Cara komputerisasi marketing yang sukses terjadi dengan pembenaran pada tiap-tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk mendapatkan sekiranya memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kamu dengan pelanggan di website dan media sosial. Dapat lewat komentar, email, maupun panggilan telpon juga. Padahal bisnis atau merk milikmu sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan baik. Dengan demikian, pelaksanaan digital marketing sampai ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan baik dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kamu ada berapa banyak kunjungan situs yang diperlukan sebelum hasilnya menjadikan lead(prospek) pada websitemu? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Apabila kau susah untuk mencari segala jawaban dari pertanyaan tersebut, maka kamu dapat memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk memasarkan bisnismu secara efektif, kau perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan kenapa mereka mesti memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan dikala membikin profil pelanggan:
• Apa tantangan dan situasi sulit yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga tertarik untuk membeli?
• Unsur apa yang menyokong mereka melaksanakan transaksi?
• Dimana mereka menerima informasi yang menunjang mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kau lakukan dengan skor lebih dibandingi pesaingmu?
5. Sadari apa yang mau kamu capai
Satu hal yang pasti ialah kamu berharap mencapai kesuksesan dikala ini juga, melainkan bagaimana caranya dan kapan kamu dapat melakukannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan berkala sehingga berimbas besar bagi perkembangan bisnismu di masa akan datang.
6. Ukur sumber daya yang kamu miliki
Jikalau ini bukan berarti kamu seharusnya menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, tapi persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang layak untuk menjalankan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang dapat menulis, mengedit, dan mendesain karena mereka yaitu asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tetapi tidak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi beberapa tugasnya ke orang lain agar dia bisa focus kepada tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu konsisten membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari bermacam sumber. Lihat apa saja taktik yang dapat dilakukan dengan bagus sebelum mengawali pemasaranmu.
0 Post a Comment:
Post a Comment