background img

The New Stuff

7 LANGKAH SEBELUM MEMULAI DIGITAL MARKETING

7 LANGKAH SEBELUM MEMULAI DIGITAL MARKETING


Hampir semua pebisnis mengerti pentingnya komputerisasi marketing atau pemasaran komputerisasi bagi kesuksesan mereka. Diperlukan perencanaan yang terencana supaya kau dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kesalahan yang sama saat melaksanakan komputerisasi marketing.
Untuk itu, kami telah berikan beberapa langkah di bawah ini sebelum kau mengawali kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!

1. Perhatikan bisnismu secara keseluruhan
Meskipun kau suka bisnis yang kau lakukan kini, coba agar tetap jujur ketika melihat secara keseluruhan. Progres komputerisasi marketing yang sukses terjadi dengan pembetulan pada tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk menerima sekiranya memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.

2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kamu dengan pelanggan di laman dan media sosial. Dapat melewati komentar, surel, maupun panggilan telpon juga. Walaupun bisnis atau merk milikmu sudah diketahui banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan baik. Dengan demikian, cara kerja digital marketing hingga ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan bagus dan lancar.

3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kau ada berapa banyak kunjungan laman yang diperlukan sebelum akhirnya menghasilkan lead(prospek) pada websitemu? Kecuali itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Sekiranya kau sulit untuk mencari segala jawaban dari pertanyaan tersebut, karenanya kamu bisa memanfaatkan Google Analytics.

4. Pahami konsumen anda
Untuk memasarkan bisnismu secara tepat sasaran, kamu perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan mengapa mereka mesti memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan saat membuat profil pelanggan:
• Apa tantangan dan masalah yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga tertarik untuk membeli?
• Faktor apa yang menyokong mereka melakukan transaksi?
• Dimana mereka mendapatkan informasi yang mendorong mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kau lakukan dengan poin lebih dibandingi pesaingmu?

5. Sadari apa yang ingin kau capai
Satu hal yang pasti ialah kau ingin mencapai kesuksesan saat ini juga, melainkan bagaimana caranya dan kapan kamu bisa melakukannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan terprogram sehingga berakibat besar bagi perkembangan bisnismu di masa akan datang.

6. Ukur sumber energi yang kau miliki
Kalau ini bukan berarti kau seharusnya menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, melainkan persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan bakat: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang layak untuk melakukan proyek komputerisasi marketing? Datalah diri mereka yang dapat menulis, mengedit, dan mendesain sebab mereka yakni asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tetapi tak memiliki banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi beberapa tugasnya ke orang lain agar ia bisa focus terhadap tugas utamanya.

7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kau konsisten membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari beragam sumber. Lihat apa saja taktik yang dapat dijalankan dengan baik sebelum mengawali pemasaranmu.

0 Post a Comment:

Post a Comment