7 HAL SEBELUM MEMULAI DIGITAL MARKETING
Hampir semua pebisnis paham pentingnya komputerisasi marketing atau pemasaran komputerisasi bagi kesuksesan mereka. Diperlukan perencanaan yang terjadwal supaya kamu dan pebisnis lainnya tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama ketika mengerjakan komputerisasi marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan sebagian langkah di bawah ini sebelum kamu memulai kampanye komputerisasi marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Observasi bisnismu secara keseluruhan
Meskipun kau suka bisnis yang kau lakukan kini, coba supaya tetap jujur dikala memandang secara keseluruhan. Pelaksanaan digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan pada tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk menerima apabila memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kau dengan pelanggan di laman dan media sosial. Bisa melewati komentar, surat elektronik, ataupun panggilan telpon juga. Sedangkan bisnis atau merk milikmu sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan baik. Dengan demikian, pelaksanaan digital marketing sampai ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan baik dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kamu ada berapa banyak kunjungan situs yang diperlukan sebelum akhirnya mewujudkan lead(prospek) pada websitemu? Kecuali itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Jikalau kamu sulit untuk mencari semua jawaban dari pertanyaan tersebut, maka kau bisa memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk menjual bisnismu secara tepat sasaran, kau perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan kenapa mereka sepatutnya memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan ketika membuat profil pelanggan:
• Apa tantangan dan keadaan sulit yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga tertarik untuk membeli?
• Unsur apa yang menyokong mereka melaksanakan transaksi?
• Dimana mereka menerima berita yang menyokong mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kamu lakukan dengan poin lebih dibandingkan pesaingmu?
5. Sadari apa yang berharap kamu capai
Satu hal yang pasti adalah kau berkeinginan mencapai kesuksesan ketika ini juga, melainkan bagaimana caranya dan kapan kamu dapat melaksanakannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan terpola sehingga berdampak besar bagi perkembangan bisnismu di masa mendatang.
6. Ukur sumber energi yang kau miliki
Seandainya ini bukan berarti kau patut menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, tetapi persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan bakat: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang sesuai untuk mengerjakan proyek komputerisasi marketing? Datalah diri mereka yang dapat menulis, mengedit, dan mendesain sebab mereka adalah asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tapi tak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi beberapa tugasnya ke orang lain agar dia bisa focus kepada tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu konsisten memerlukan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari berbagai sumber. Lihat apa saja taktik yang bisa dijalankan dengan baik sebelum memulai pemasaranmu.
0 Post a Comment:
Post a Comment