background img

The New Stuff

16 IDE MENJADI DESAINER GRAFIS TERBAIK

16 IDE MENJADI DESAINER GRAFIS TERBAIK



Seorang desainer grafis dituntut untuk senantiasa kreatif, tidak peduli bagaimana situasi atau perasaannya saat itu. Mereka akan senantiasa berhadapan dengan dunia kreatif yang setiap harinya dapat saja berubah. Nah, untuk kau yang berprofesi sebagai seorang desainer grafis, sungguh-sungguh perlu lho, untuk meningkatkan kemampuan yang kamu punya. Lalu, berikut ini ada 16 tips yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat kreativitas dan jadi yang terbaik:

1. Menjadi kolektor
Sekiranya kamu sendiri yang mau meningkatkan kecakapan sebagai desainer grafis, pekalah terhadap sekitar. Apabila di jalan kau memperhatikan sebuah desain yang menginspirasi kau, bawalah pulang. Kumpulkan brosur atau poster yang kau punya ke dalam file. Jadi, saat kamu sedang buntu pikiran, kau dapat membuka file itu untuk inspirasimu.

2. Beli buku
Nah, ini jadi salah satu hal yang terpenting. Memang benar adanya bila buku yakni jendela dunia. Tidak hanya mengoleksi brosur atau poster, kau juga perlu mengoleksi buku mengenai desain. Biasakanlah dalam 1 bulan kamu membaca 1 buku desain, pasti bisa menambah referensimu.

3. Baca blog
Zaman kini, tidak cuma buku yang menambah wawasan kita. Laman atau blog orang yang tak kita kenalpun dapat jadi sumber berita yang bagus. Jangan malu untuk belajar dari mereka. Bacalah blog mereka yang berkaitan dengan desain.

4. Buatlah blog desain
Sudah membaca blog orang? Sekarang giliranmu untuk membikin blog sendiri. Selain membuat kamu lebih analitis dalam pekerjaan, disanalah tempat orang melihat portfoliomu. Dapat saja lho sebuah perusahaan tertarik dengan hasil kerjamu.

5. Bergabung dengan kelompok sosial desain
Jika kamu desainer grafis freelance, telah sepantasnya untuk bergabung dengan komunitas desain. Kamu akan senantiasa up to date dalam dunia desain, bagus untuk feedback dan kritik, serta tidak menutup kemungkinan untuk menerima kabar kerjaan.

6. Ambil foto!
Tidak patut dengan kamera yang bagus, kau juga dapat menggunakan kmera HP untuk sekedar memotret objek yang menginspirasi kau. Seperti bangunan, tekstur, atau bahkan bayangan. Sangat menambah referensi lo!

7. Buatlah proyek palsu
Untuk menambah portfolio kau, buatlah proyek palsu seperti menghasilkan merk palsu untuk sebuah perusahaan. Membuat desain logo, brosur, maupun situs tentu akan membikin kreativitasmu bekerja tanpa keterbatasan.

8. Redesign karya orang lain
Tak berkeinginan menciptakan merk palsu untuk desain? Kamu bisa mencoba mendesain ulang proyek orang lain. Kau bisa menilai karya mereka dan mengamati apa yang bisa kau lakukan untuk membuatnya lebih bagus.

9. Redesign karya lama sendiri
Seburuk-buruknya karya yang kau buat, jangan pernah dihapus. Karena suatu dikala, bisa jadi kamu membuat ulang karya yang kamu anggap jelek itu. Dari sana kamu akan belajar alangkah minimnya ilmu desain lama kamu. Tidak perlu malu memiliki karya yang kau angap buruk, karena kau akan belajar untuk redesign supaya lebih bagus.

10. Ikuti seminar
Selain belajar dari buku dan blog, sangat dianjurkan kamu untuk sekali-sekali ikut serta seminar juga. Pasti ada 1 atau 2 hal baru yang kau pelajari disana.

11. Bersosialisasi dengan desainer grafis lainnya
Tak cukup dengan mengikuti komunitas desain, dengan menghadiri seminar pasti relasimu dapat bertambah. Nah, cobalah saling berkenalan dan bertukar social media yang kalian miliki. Dengan jaringan yang luas tentu dapat meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.

12. Ambillah kelas desain
Banyak perguruan tinggi setempat yang memungkinkan kamu untuk mencontoh kelas tanpa belajar penuh waktu. Seperti IDS(International Design School) yang mempunyai College Program Komputerisasi Design yang hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun untuk menjadi desainer professional yang siap berkarya di industry.

13. Wawancara desainer grafis lainnya
Setelah mendapatkan kontak desainer grafis lain, wawancara mereka secara tak seketika. Ajak ngobrol orang yang kau temui. Siapa tahu kau mendapatkan cerita baru dari pengalaman mereka.

14. Lakukan perjalanan
Jika kamu memiliki dana dan waktu, lakukanlah perjalanan ke daerah tertentu atau bahkan ke luar negeri. Kamu akan menerima hal baru, inspirasi baru, dan belajar banyak dari perjalananmu itu. Kamu sendiri akan melihat tradisi dan seni yang baru, yang dapat membuka pikiranmu seputar dunia luar!

15. Belajar hal baru
Menjadi desainer yang bagus tak gampang. Janganlah stop belajar. Dengan mempelajari hal baru akan meningkatkan kualitasmu sebagai desainer.

16. Ambillah buku sketsa
Buku sketsa akan menolong kau bekerja melalui ide dengan kencang tanpa keterbatasan alat desain. Dan kau bisa menggambar dimana saja.

Bagaimana? Tak terlalu sulit kan untuk menjadi desainer yang baik? Sekian dulu yang dapat aku berikan pada kalian. Ke depannya pasti akan makin bertambah lagi. Salam desainer!

Baca Artikel Terkait Tentang Jasa Desain Logo Profesional

0 Post a Comment:

Post a Comment