7 LANGKAH SEBELUM MULAI DIGITAL MARKETING
Hampir seluruh pebisnis paham pentingnya komputerisasi marketing atau pemasaran digital bagi kesuksesan mereka. Diperlukan perencanaan yang terjadwal agar kau dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kesalahan yang sama dikala menjalankan digital marketing.
Untuk itu, kami telah berikan sebagian langkah di bawah ini sebelum kamu memulai kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Observasi bisnismu secara keseluruhan
Meskipun kamu suka bisnis yang kamu lakukan kini, coba supaya konsisten jujur dikala memperhatikan secara keseluruhan. Pengerjaan komputerisasi marketing yang berhasil terjadi dengan pembenaran pada tiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk menerima sekiranya memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kamu dengan pelanggan di laman dan media sosial. Dapat melewati komentar, surel, maupun panggilan telpon juga. Walaupun bisnis atau merk milikmu sudah diketahui banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan bagus. Dengan demikian, cara kerja digital marketing hingga ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan bagus dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kau ada berapa banyak kunjungan laman yang diperlukan sebelum kesudahannya mewujudkan lead(prospek) pada websitemu? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Bila kamu susah untuk mencari semua jawaban dari pertanyaan hal yang demikian, maka kau dapat memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk menjual bisnismu secara efektif, kau perlu memahami orang-orang yang memerlukan produk atau jasamu beserta dengan alasan kenapa mereka semestinya memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan ketika membikin profil pelanggan:
• Apa tantangan dan permasalahan yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga berminat untuk membeli?
• Faktor apa yang menunjang mereka mengerjakan transaksi?
• Dimana mereka menerima isu yang menyokong mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kamu lakukan dengan skor lebih diperbandingkan pesaingmu?
5. Sadari apa yang berharap kamu capai
Satu hal yang pasti adalah kau berharap mencapai kesuksesan dikala ini juga, tetapi bagaimana caranya dan kapan kau dapat mengerjakannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan terencana sehingga berimbas besar bagi perkembangan bisnismu di masa mendatang.
6. Ukur sumber kekuatan yang kamu miliki
Sekiranya ini bukan berarti kamu mesti menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, tetapi persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang cocok untuk mengerjakan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang bisa menulis, mengedit, dan mendesain sebab mereka merupakan asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tapi tidak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi sebagian tugasnya ke orang lain supaya dia bisa focus kepada tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu tetap memerlukan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari bermacam sumber. Lihat apa saja strategi yang bisa dilaksanakan dengan bagus sebelum mengawali pemasaranmu.
0 Post a Comment:
Post a Comment