background img

The New Stuff

7 LANGKAH SEBELUM MULAI DIGITAL MARKETING

7 LANGKAH SEBELUM MULAI DIGITAL MARKETING

Hampir seluruh pebisnis mengerti pentingnya digital marketing atau pemasaran komputerisasi bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang berkala agar kamu dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kekeliruan yang sama saat melakukan digital marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan beberapa langkah di bawah ini sebelum kau memulai kampanye komputerisasi marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!

1. Perhatikan bisnismu secara keseluruhan
Meski kamu menyenangi bisnis yang kamu lakukan sekarang, coba agar tetap jujur ketika mengamati secara keseluruhan. Progres digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan pada setiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk menerima apabila memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kekeliruan itu.

2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kau dengan pelanggan di web dan media sosial. Bisa melewati komentar, email, maupun panggilan telpon juga. Sedangkan bisnis atau merk milikmu sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelangganmu konsisten terlaksana dengan baik. Dengan demikian, pelaksanaan digital marketing sampai ke transaksi akan konsisten terlaksana dengan baik dan lancar.

3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau pun offline? Tahukah kamu ada berapa banyak kunjungan situs yang diperlukan sebelum hasilnya menjadikan lead(prospek) pada websitemu? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Apabila kau sulit untuk mencari segala jawaban dari pertanyaan tersebut, maka kamu dapat memanfaatkan Google Analytics.

4. Pahami konsumen anda
Untuk menjual bisnismu secara tepat sasaran, kau perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan kenapa mereka wajib memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan dikala membikin profil pelanggan:
• Apa tantangan dan situasi sulit yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka bisa dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga beratensi untuk membeli?
• Unsur apa yang mendorong mereka menjalankan transaksi?
• Dimana mereka mendapatkan berita yang menyokong mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang dapat kamu lakukan dengan poin lebih dibandingkan pesaingmu?

5. Sadari apa yang berkeinginan kau capai
Satu hal yang pasti yakni kau mau menempuh kesuksesan saat ini juga, tapi bagaimana caranya dan kapan kau bisa menjalankannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan terprogram sehingga berpengaruh besar bagi perkembangan bisnismu di masa mendatang.

6. Ukur sumber tenaga yang kamu miliki
Jika ini bukan berarti kau mesti menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, namun persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang cocok untuk melaksanakan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang bisa menulis, mengedit, dan mendesain karena mereka merupakan asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten tapi tak mempunyai banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi sebagian tugasnya ke orang lain agar ia bisa focus terhadap tugas utamanya.

7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu tetap membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari beraneka sumber. Lihat apa saja strategi yang dapat dikerjakan dengan bagus sebelum mengawali pemasaranmu.

0 Post a Comment:

Post a Comment