7 HAL SEBELUM MEMULAI DIGITAL MARKETING
Hampir seluruh pebisnis paham pentingnya digital marketing atau pemasaran digital bagi kesuksesan mereka. Diperlukan perencanaan yang terprogram supaya kau dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kesalahan yang sama saat melaksanakan digital marketing.
Untuk itu, kami sudah berikan beberapa langkah di bawah ini sebelum kamu mengawali kampanye digital marketing untuk bisnismu. Yuk, kita lihat di bawah ini!
1. Perhatikan bisnismu secara keseluruhan
Meskipun kau menyenangi bisnis yang kamu lakukan kini, coba supaya tetap jujur dikala memandang secara keseluruhan. Progres digital marketing yang berhasil terjadi dengan koreksi pada setiap aspek bisnismu ini. Lihat lebih dalam dan cobalah untuk menerima bila memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaikilah kesalahan itu.
2. Sempurnakan layanan pelanggan anda
Ulaslah interaksi antara kau dengan pelanggan di laman dan media sosial. Bisa melalui komentar, surat elektronik, ataupun panggilan telpon juga. Meski bisnis atau merk milikmu telah diketahui banyak orang, pastikan layanan pelangganmu tetap terlaksana dengan bagus. Dengan demikian, progres komputerisasi marketing hingga ke transaksi akan tetap terlaksana dengan bagus dan lancar.
3. Periksa penjualan dan pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualanmu? Apakah mereka dating dari platform online atau malahan offline? Tahukah kau ada berapa banyak kunjungan web yang dibutuhkan sebelum akhirnya menghasilkan lead(prospek) pada websitemu? Kecuali itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?
Jika kau sulit untuk mencari seluruh jawaban dari pertanyaan tersebut, karenanya kamu bisa memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami konsumen anda
Untuk memasarkan bisnismu secara tepat sasaran, kamu perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasamu beserta dengan alasan mengapa mereka mesti memilih jasamu.
Berikut ini beberapa hal yang dipertimbangkan dikala membikin profil pelanggan:
• Apa tantangan dan situasi sulit yang dihadapi konsumen anda sehingga mereka dapat dibantu oleh produk atau jasamu?
• Pertanyaan apa yang akan mereka ajukan mengenai produk sehingga berminat untuk membeli?
• Elemen apa yang mensupport mereka mengerjakan transaksi?
• Dimana mereka mendapatkan kabar yang mendorong mereka untuk bertransaksi?
• Apa yang bisa kamu lakukan dengan poin lebih dibandingkan pesaingmu?
5. Sadari apa yang berharap kau capai
Satu hal yang pasti yakni kau berkeinginan mencapai kesuksesan ketika ini juga, melainkan bagaimana caranya dan kapan kamu dapat melakukannya? Rencanakan tujuan utamamu dengan berkala sehingga berimbas besar bagi perkembangan bisnismu di masa akan datang.
6. Ukur sumber daya yang kamu miliki
Jikalau ini bukan berarti kamu harus menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, namun persediaan pemasaranmu.
• Konten: brosur, katalog, video dan sarana lainnya.
• Keahlian dan talenta: lihat para karyawanmu. Apakah ada yang layak untuk melaksanakan proyek digital marketing? Datalah diri mereka yang dapat menulis, mengedit, dan mendesain karena mereka yaitu asetmu.
• Waktu: apakah ada orang yang berkompeten melainkan tidak memiliki banyak waktu dalam timmu? iya, cobalah untuk membagi beberapa tugasnya ke orang lain supaya dia dapat focus kepada tugas utamanya.
7. Edukasi diri anda sendiri
Biar bagaimanapun juga, kamu tetap memerlukan pengetahuan mengenai pemasaran. Cobalah baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari beragam sumber. Lihat apa saja strategi yang dapat dikerjakan dengan bagus sebelum mengawali pemasaranmu.
0 Post a Comment:
Post a Comment